Hal-Hal yang Wajib Diketahui Tentang Bleaching

hair bleaching


Untuk kalian yang ingin bleaching untuk pertama kalinya, harus baca artikel berikut. Pasti kalian tahu bleaching itu adalah memutihkan rambutt. Kita semua pernah mendengar cerita horor dan kemungkinan kerusakan rambut atau rambut kering dan kasar yang bisa membuat kalian ragu-ragu untuk mewarnai rambut padahal ingin sekali ganti warna rambut. Baca selengkapnya tentang hal-hal yang perlu diketahui berkaitan dengan bleaching dari colorist New York, Roxie Darling.

Bagaimana cara kerja pemutih rambut atau bleach?

“Bleach adalah bahan kimia yang menghilangkan pigmen alami dari helaian rambut”, Roxie menjelaskan. “Berbentuk bubuk, dan kalian memiliki beberapa pilihan pengembang cairan atau biasa disebut developer yang berbeda levelnya, untuk dicampur dengan bubuk pemutih atau bleach powder”. Roxie menekankan bahwa pemutih akan merubah keadaan rambut kalian. “Pertama kali Anda memutihkan rambut kalian, rambut kan berubah dalam tekstur dan warnanya karena kalian benar-benar menghilangkan pigmen rambut.” Jangan berharap rambut Anda pulih kembali normal satu jam setelah bleaching dibilas darir ambut – tapi jika kalian pandai merawat rambut dengan benar sebelum bleaching, maka kalian bisa mencegah kerusakan dan menjaganya agar tetap sehat.

Apakah panas benar-benar membantu bleaching bekerja lebih cepat?

Bleach memeanas secara alami karena bahan kimia yang aktif, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat formulanya menempel di kulit kepala. Tapi pemutih bisa lebih efektif dan bahkan bekerja lebih cepat saat panas diaplikasikan. Itu sebabnya beberapa salon menempatkan tutup plastik di atas rambut atau kepala saat proses bleaching dan menerapkan panas yang rendah dari blow drier untuk memastikan panas secara merata. Tapi inilah sesuatu yang mungkin belum kalian ketahui: “Karena akar paling dekat dengan kepala, maka bagian ini memiliki lebih banyak panas daripada batang rambut lainnya. Jadi akar lebih cenderung memprosesnya secara lebih efisien daripada batang rambut karena panas yang dipancarkan dari kulit kepala Anda.” Roxie menjelaskan. Dia menyarankan agar kita membuat catatan saat mewarnai rambut di rumah. Gunakan formula bleaching yang lebih rendah kekuatannya untuk bagian akar kepala dan bbleaching yang lebih kuat untuk batang rambut.

Developer mana yang tepat untuk rambut saya?

Roxie menganggap developer 20 terlalu ringan untuk hasil yang nyata dan 40 lebih berisiko dalam hal merusak rambut pada percobaan pertama. “Jika kalian memutihkan rambut di rumah, kalian bisa mengulangi prosesnya hingga dua atau tiga kali dengan pengembang ringan, seperti volume 30,” kata Roxie. Ketika memilih jenis pemutih rambut yang tepat sebenarnya semua merek hamper sama saja.

Bagaimana saya bisa mencegah agar rambut saya tidak kering dan kaku?

Selain memilih developer ringan, tindakan pencegahan lain yang bisa dilakukan seseorang sebelum bleaching adalah untuk tidak mencuci rambut. “Beberapa hari tidak keramas agar minyak alami yang ada di kulit kepala kalian dapat keluar dan membantu mencegah iritasi saat bleaching,” Roxie mengatakan ini. Kandungan amonia dapat menyebabkan kulit kepala gatal saat proses bleaching tapi itu tidak berarti rambut kalian sedang menjurus ke arah kerusakan karena rambut bisa di bleaching dua kali secara berturut-turut. 

Bagaimana merawat rambut yang telah di bleaching?

Penting untuk melembabkan setelah kalian memutihkan rambut karena kalian menghilangkan banyak minyak rambut alami yang dihasilkan kulit kepala. Karena proses bleaching membuka kutikula rambut dan menghilangkan pigmen alami, maka rambut berubah. Biasanya diperlukan satu atau dua minggu agar rambut kembali memiliki elastisitas yang lembut. Menjauhkan rambut dari panas hair dryer adalah cara lain untuk menjaga agar rambut yang di bleach terlihat dan terasa lembut & sehat. Kebiasaan lain, seperti keramas lebih sering, bisa mengeringkan rambut, itulah sebabnya Roxie merekomendasikan keramas dengan sampo non-deterjen tidak lebih dari dua kali seminggu.

Apakah lebih baik memutihkannya di salon?

Sementara bleaching di rumah tidak bisa dilakukan dengan lebih mudah, risiko hasil yang tidak rata atau kerusakan yang berlebihan meningkat saat kalian melakukannya dirumah. Penting untuk mencari colorist saat harus melakukan bleaching karena kalian tidak ingin melakukannya sendiri selain hasil yang tidak rata, colorist atau professional di salon dapat melakukannya lebih baik karena mereka sudah berpengalaman. 

 

Source: beautylish.com